PENGARUH VARIABEL – VARIABEL MARKETING MIX SYARIAH TERHADAP TRUST DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PERJALANAN IBADAH HAJI PADA KBIH NURUL HARAMAIN PROBOLINGGO
Abstract
Pemasaran syariah adalah bentuk pemasaran yang berlandaskan pada
hukum islam, pada peraturan – peraturan islam, serta tidak bertentangan dengan
peraturan tersebut. Pemasaran syariah masih banyak digunakan dalam bisnis yang
berbasis islami, seperti dalam penyelenggaraan ibadah haji. Penyelenggaraan
ibadah haji pantas dipikirikan secara cermat, hal ini menjadi perhatian serius oleh
pemerintah dari segi pembinaan dan pelayanan karena tingginya minat masyarakat
indonesia untuk menunaikan ibadah haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh Marketing mix Syariah Terhadap Trust dan Keputusan
Pembelian pada jasa perjalanan ibadah haji Nurul Haramain Probolinggo.
Obyek pada penelitian ini adalah calon jamaah haji Nurul Haramain
Probolinggo. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua calon jamaah
haji Nurul Haramain Probolinggo. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah
calon jamaah haji Nurul Haramain Probolinggo yang berjumlah 116 responden,
yang diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan dikalikan dengan
6,5. Dalam kajian ini jumlah indikator variabel seluruhnya berjumlah 19. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk
mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing
variabel.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh marketing
mix syariah terhadap trust dan keputusan pembelian pada jasa perjalanaan ibadah
haji Nurul Haramain Probolinggo, maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel
marketing mix syariah (produk, harga, promosi, orang, proses, bukti fisik)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel marketing
mix syariah (produk, harga, promosi, orang, proses, bukti fisik) berpengaruh
signifikan terhadap trust, dan variabel marketing mix syariah (produk, harga,
promosi, orang, proses, bukti fisik), berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian melalui trust.