• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TEMPE KACANG DI KABUPATEN MALANG

    Thumbnail
    View/Open
    Fitriyah - 121510601074 #.pdf (5.274Mb)
    Date
    2017-01-19
    Author
    FITRIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tempe kacang di Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan di Kabupaten Malang dengan pertimbangan bahwa tempe kacang merupakan makanan khas Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analitik. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dan purposive sampling dengan total responden sebanyak 80 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan : (1) karakteristik konsumen tempe kacang adalah perempuan, kelompok usia paruh baya (30-50 tahun), mayoritas tingkat pendidikan tamat SLTA, sebagian besar profesinya sebagai ibu rumah tangga, tingkat pendapatan keluarga kategori sedang (2.000.000 - 5.000.000//bulan), jumlah anggota keluarga kecil (≤ 4 orang) (2) Proses keputusan pembelian tempe kacang di Kabupaten Malang melalui lima tahapan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca-pembelian. (a) Tahap pengenalan kebutuhan. Konsumen memiliki alasan utama mengkonsumsi tempe kacang karena rasa yang khas dan tempe kacang merupakan makanan kesukaan keluarga. Manfaat yang dicari konsumen dari tempe kacang untuk bahan lauk-pauk. Mayoritas responden menganggap tempe kacang bisa digunakan sebagai pengganti konsumsi tempe kedelai. (b) Tahap pencarian informasi. Sumber informasi dan pengaruh adalah penjual dan diri sendiri. (c) Tahap evaluasi alternatif. Pertimbangan utama konsumen adalah atribut produk. Atribut produk yang menjadi perhatian utama adalah rasa. (d) Tahap keputusan pembelian. Konsumen membeli tempe kacang secara mendadak. Frekuensi pembelian kategori sering lebih dari 4 kali/bulan. (e) Tahap perilaku pasca pembelian. Seluruh responden puas dan menyatakan kesan suka terhadap tempe kacang. (3) Empat komponen utama yang mempengaruhi keputusan pembelian tempe kacang di Kabupaten Malang yaitu pengetahuan konsumen, selera konsumen, atribut fisik produk dan harga.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78928
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4387]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository