VISUALISASI KONSEP KESEBANGUNAN SEGITIGA DENGAN BANTUAN GUI MATLAB
Abstract
Siswa SMP pada umummnya masih kesulitan dalam mempelajari konsepkonsep
kesejajaran dua garis, relasi sudut, pembagian segmen garis, rasio-rasio
segmen garis pada dua sisi segitiga hasil dari perpotongan suatu garis yang sejajar
dengan sisi ketiga segitiga dan kesebanguan dua segitiga. Dalam penerapannya
siswa masih kesulitan memahami konsep-konsep tersebut. Oleh karena itu untuk
mengatasi ketidakpahaman siswa dalam mempelajari konsep-konsep geometri
tersebut, maka perlu dikembangkan software pembelajaran yang interaktif
dengan bantuan Sistem Graphic User Interface (GUI) Matlab. Selain dapat
digunakan sebagai media pembelajaran sistem GUI dalam MATLAB juga
digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran yang melibatkan siswa dan
guru dalam mempelajari konsep-konsep Geometri khususnya kesebangunan
segitiga.
Dalam konstruksi konsep kesebangunan segitiga menggunakan beberapa
tahapan sebagai berikut. Pertama, menyusun konsep kesebangunan segitiga yang
terdiri atas konsep kesejajaran dua garis, konstruksi konsep relasi sudut,
konstruksi konsep pembagian segmen garis serta konstruksi konsep rasio-rasio
segmen garis pada dua sisi segitiga hasil dari perpotongan suatu garis sejajar
dengan sisi ketiga segitiga dan konstruksi konsep kesebangunan segitiga. Kedua,
menyusun program dari kegiatan pertama ke dalam bentuk GUI Matlab yaitu
menyusun gambar-gambar geometri dengan menyediakan 10 (sepuluh) gambar
geometri dengan setiap gambar disusun lima garis yang terdiri dari minimal dua
garis sejajar dan maksimal dua pasang garis yang sejajar selain itu disediakan
garis berpotongan, menyajikan 10 (sepuluh) gambar geometri yang tersusun dari
dua garis yang sejajar dipotong oleh garis transversal, menyajikan lima gambar
segmen garis AB yang dibagi dengan titik C dilengkapi dengan ukuran satuan
panjang segmen garis potong, menetapkan enam gambar geometri yang berbentuk
dari segitiga yang dua sisi segitiga dipotong oleh suatu garis sejajar dengan sisi
ketiga segitiga dan menyediakan 10 (sepuluh) paket gambar geometri yang
disusun oleh lima segitiga dengan rincian dua segitiga sebangun dan tiga segitiga
tidak sebangun. Setiap gambar geometri pada masing-masing konsep akan
ditampilkan secara random. Ketiga, memprogramasi dan mensimulasi hasil dari
bagian kedua serta dilanjutkan dengan evaluasi atau perbaikan hasil program pada
GUI Matlab.
Hasil penelitian tentang pengembangan konsep kesebangunan segitiga
dengan bantuan GUI Matlab di dapat dengan cara mengkonstruksi konsep
kesejajaran dua garis, konstruksi konsep relasi sudut, konstruksi konsep
pembagian segmen garis, konstruksi konsep rasio-rasio segmen garis pada dua sisi
segitiga hasil dari perpotongan suatu garis sejajar dengan sisi ketiga segitiga dan
konstruksi konsep kesebangunan segitiga. selanjutnya konsep yang telah dibuat
disimulasikan ke dalam program GUI Matlab yang interaktif bagi user dengan
cara pertama mendaftar data-data yang terkait dengan konsep. Kedua, menyusun
pertanyaan bagi user yang terkait dengan konsep. Ketiga, menyusun kotak
jawaban yang akan diisi oleh user. Keempat, mengevaluasi jawaban benar dan
jawab salah atas respon dari user. Kelima merekapitulasi jawaban benar dan
jawaban salah dari user dan terakhir menyusun kesimpulan tingkat keberhasilan
yang telah dilakukan oleh user. Hasil produk yang didapat berupa software hasil
dari visualisasi konsep kesejajaran dua garis, visualisasi konsep relasi sudut,
visualisasi pembagian segmen garis, visualisasi konsep konsep rasio-rasio segmen
garis pada dua sisi segitiga hasil dari perpotongan suatu garis sejajar dengan sisi
ketiga segitiga dan visualisasi konsep kesebangunan segitiga ke dalam GUI
Matlab.
Collections
- MT-Mathematic [100]