• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS METODE MILNE ORDE LIMA DALAM MENYELESAIKAN MODEL MATEMATIKA VAKSINASI TUBERKULOSIS TIPE VEIT

    Thumbnail
    View/Open
    A. Riyan Ivan Ali Putra W. - 120210101072_erw.pdf (1.082Mb)
    Date
    2017-01-18
    Author
    Putra W, A. Riyan Ivan Ali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode numerik merupakan teknik untuk menyelesaikan permasalahan ma- tematika dengan cara mengaproksimasi atau menghampiri solusi dengan meng- gunakan operasi biasa. Metode numerik juga dapat digunakan untuk menyele- saikan persamaan di®erensial, salahsatu metode numerik untuk menyelesaikan persamaan di®erensial adalah metode Milne. Metode Milne yang sering digu- nakan secara umum adalah metode Milne orde empat. Selama ini belum ada karya tulis atau buku tentang metode Milne orde lebih dari empat. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang efektivitas metode Milne orde lima, sebagai pembanding digunakan metode Runge-Kutta orde lima. Persamaan dif- ferensial biasa yang digunakan adalah model matematika vaksinasi tuberkulosis yang dimodelkan oleh Tau¯k dkk. (2015) tipe VEIT. Metode Milne orde lima masih belum dikembangkan, sehingga pengemba- ngan metode Milne orde lima perlu dilakukan dalam penelitian ini. Berikut hasil penurunan predictor dan corrector metode Milne orde lima. predictor : y¤ r+1 = yr¡3 + 2h 45 (7fr¡4 ¡ 28fr¡3 + 102fr¡2 ¡ 58fr¡1 + 67fr) corrector : yr+1 = yr¡1 + h 90 (¡fr¡3 + 4fr¡2 + 24fr¡1 + 124fr + 29fr+1) dengan kesalahan pemenggalan lokalnya yaitu: predictor : Ir = Yr+1 ¡ y¤ r+1 ¼ 28h(4+1) 90 y(6)(t) corrector : Ir = Y ¤ r+1 ¡ yr+1 ¼ ¡h(4+1) 90 y(6)(t) Uji konvergensi metode Milne orde lima secara teoritis merupakan metode yang konvergaen karena memenuhi kenk · h5 720LM6(enhL ¡ 1) limh!0 kenk · limh!0 h5 720LM6(enhL ¡ 1) limh!0 kenk ·$ limh!0 kenk = 0 dimana L adalah konstanta Lipschitz. Selain secara teoritis, uji konvergensi metode Milne orde lima juga dilakukan dengan simulasi menggunakan software Matlab. Hasil simulasi tersebut menun- jukkan bahwa variabel E, I, dan T untuk h yang lebih kecil selalu menghasilkan galat relatif lebih kecil dari galat relatif yang dihasilkan oleh simulasi pada h yang lebih besar. Sedangkan pada variabel V galat yang dihasilkan pada simulasi un- tuk h yang lebih kecil tidak selalu menghasilkan galat relatif lebih kecil dari galat relatif yang dihasilkan oleh simulasi pada h yang lebih besar. Efektivitas metode Milne didapatkan dengan membandingkan galat hasil simulasi Milne dengan galat hasil simulasi Runge-Kutta. Hasil simulasi menunjuk- kan bahwa galat relatif Milne lebih kecil dari galat relatif Runge-Kutta. Artinya solusi hampiran yang dihasilkan Milne lebih baik dari Runge-Kutta. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode Milne lebih efektif dibandingkan dengan Runge- Kutta dalam menyelesaikan model matematika vaksinasi tuberkulosis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78843
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository