IMPLEMENTASI PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING DI LINGKUNGAN SEKOLAH KABUPATEN BANYUWANGI (Studi Deskriptif pada Pelaksanaan Perpustakaan Keliling di MTs Darul Hikmah dan MTs Negeri di Kecamatan Glenmore)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat, mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi program perpustakaan keliling di lingkungan sekolah Kabupaten Banyuwangi (Studi deskriptif pada pelaksanaan perpustakaan keliling di MTs Darul Hikmah dan MTs Negeri di Kecamatan Glenmore). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Darul Hikmah dan MTs Negeri di Kecamatan Glenmore. Penentuan informan menggunakan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan, dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi program perpustakaan keliling di MTs Darul Hikmah dan MTs Negeri di Kecamatan Glenmore dapat digolongkan menjadi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan, kantor perpustakaan, arsip dan dokumentasi mempersiapkan kebutuhan dalam pelaksanaan program perpustakaan keliling seperti SDM, koleksi, sarana, sasaran dan tempat penyelenggaraan perpustakaan keliling, jadwal perpustakaan keliling dan anggaran. Pada tahap pelaksanaan, tidak terdapat peraturan khusus bagi perpustakaan keliling ketika memberikan pelayanan di sekolah-sekolah. Sedangkan pada tahap evaluasi dilakukan setiap 1 (satu) bulan sekali.