PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR DI TK PGRI BHAKTI LESTARI KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi verbal (bahasa), proses
mengungkapkan gagasan, pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan., menulis juga
dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan dengan menggunakan
tulisan sebagai mediumnya. Adapun tulisan merupakan sebuah sistem komunikasi
antarmanusia yang menggunakan simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan
disepakatia pemakainya.
Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari
Kabupaten Jember, kemampuan menulis huruf pada anak kelompok B tergolong
masih rendah. Hal tersebut terlihat ketika guru memberikan tugas menulis anak masih
kesulitan untuk menyelesaikannya dan ketika guru meminta anak untuk menulis di
papan tulisanak-anak masih bingung dan kurang percaya diri bila menulis di depan
teman-temannya.
Metode demonstrasi menggunakan media kartu gambar merupakan metode
yang disampaikan dengan cara memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan
melihat dan mendengarkan diikuti dengan meniru pekerjaan yang didemonstrasikan
dan mempraktikkan secara langsung.
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini
sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi berbantuan media
kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak kelompk B
di TK Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016-
2017 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis huruf pada anak kelompok B
melalui metode demonstrasi berbantuan media kartu gambar di kelompk B di TK
Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016-2017 ?
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan
penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan
kemampuan menulis huruf pada anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari
Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) untuk
mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu gambar
untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak kelompok B TK PGRI
Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember.
Subjek Penelitian adalah kelompok B yang terdiri atas 20 anak. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Penerapan metode demonstrasi menggunakan media kartu gambar dilakukan
di dalam kelas kelompok B. Terdapat 2 siklus, yakni siklus I menggunakan metode
demonstrasi berbantuan media kartu gambar dengan tema benda-benda langit dan
siklus II dengan tema langit dan bumi. Tahapan pertama pembukaan dengan
bercakap-cakap, guru mengenalkan gambar dan huruf yang ada pada kartu
menggunakan media kartu gambar , melakukan tanya jawab, menebalkan huruf,dan
anak diminta untuk menulis kembali huruf yang ada pada kartu gambar.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis huruf
pada anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari. Hal ini ditunjukkan pada
pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis huruf pada anak
sebesar 63,75 dan siklus II sebesar 86,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi menggunakan media kartu
gambar dapat meningkatkan kemampuan menulishuruf pada anak kelompok B TK
PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017.