SISTEM PREDIKSI PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING (Studi Kasus MPM Honda Diponegoro Jember)
Abstract
Sistem Prediksi Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor Menggunakan Metode
Single Exponential Smoothing (Studi Kasus MPM Honda Diponegoro
Jember); Rendy Achmad Wardana, 112410101069; 2016; 122 halaman; Program
Studi Sistem Informasi Universitas Jember.
MPM adalah perusahaan otomotif konsumen dengan ekosistem terintegrasi yang
mencakup tiga pilar usaha utama : distribusi dan retail, suku cadang otomotif
konsumen, layanan kendaraan bermotor [3]. MPM Honda Diponegoro Jember
merupakan salah satu dari sekian banyak MPM yang berada di Indonesia. Penjualan
suku cadang pada MPM Honda Diponegoro memerlukan managemen yang baik.
Namun pada kasusnya penjualan suku cadang kurang maksimal karena kurangnya
perkiraan instansi terhadap suku cadang yang akan dibeli oleh konsumen. Masih
banyak konsumen yang tidak mendapat suku cadang yang diinginkan dan banyak
pula suku cadang lain yang kurang diminati. Dari permasalahan tersebut,
diperlukan sistem yang dapat memprediksi penjualan suku cadang untuk memenuhi
kebutuhan konsumen. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan untuk
menghitung prediksi penjualan adalah metode Single Exponential Smoothing yang
nantinya diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Data
yang digunakan adalah data penjualan suku cadang tahun 2015 memberikan hasil
perhitungan prediksi terbaik dengan MAD sebesar 82,566