ANALISIS SARANA PRASARANA LABORATORIUM FISIKA DAN INTENSITAS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Mempelajari fisika tidak hanya berandalkan buku saja, hal ini dikarenakan
eksperimenlah yang mendukung teori dari buku – buku tersebut, sehingga keberadaan
laboratorium dari suatu sekolah adalah faktor pendukung yang harus ada. Pemahaman
konsep yang biasanya hanay melalui buku dan di jelaskan oleh guru terkadang sulit
ditangkap oleh siswa, sehingga disitulah peran laboratorium yakni mendukung
keberlangsungan pembelajaran, dimana siswa akan lebih mudah menangkap materi
atau konsep yang sebelumnya diterangkan oleh guru dan lebih melekat pada siswa.
Laboratorium memiliki peranan yang penting sebagai tempat dilakukannya percobaan
atau penelitian. Laboratorium dikatakan standart apabila sesuai dengan Permendiknas
no.24 Tahun 2007. Didalam pembelajaran sains, laboratorium berperan sebagai
tempat kegiatan penunjang dari kegiatan kelas. Bahkan mungkin sebaliknya yang
berperan utama dalam pembelajaran sains adalah laboratorium, sedangkan kelas
sebagai tempat kegiatan penunjang.