PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III DI SDN WRINGINREJO 02 BANYUWANGI
Abstract
Hasil observasi di SDN Wringinrejo 02 Banyuwangi pada siswa kelas III
diperoleh hasil bahwa nilai keterampilan Bahasa Indonesia khususnya pada
keterampilan bercerita siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan bercerita siswa
ditunjukkan dengan kurang adanya motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar
mengajar. Hal itu disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh
guru kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa cenderung bosan dan kurang
tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Terlebih lagi dalam kegiatan belajar mengajar
kurang didukung dengan pemanfaatan media pembelajaran, yang akhirnya hasil
belajar siswa kurang maksimal. Dengan permasalahan tersebut maka dilakukanlah
penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Salah
satunya yaitu dengan menggunakan media gambar seri.