• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KAJIAN POSKOLONIAL DALAM NOVEL NJAI KEDASIH KARYA IMPERIAL JATHEE

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Nur Fadhilah -120210402076_.pdf (1.710Mb)
    Date
    2016-12-09
    Author
    Fadhilah, Yunita Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kajian poskolonial adalah telaah mendalam tentang perlawanan terjajah terhadap kolonialisme. Pada novel Njai Kedasih karya Imperil Jathee (untuk selanjutnya disingkat NKKIJ) ada bentuk praktik kolonialisme Belanda yang di dalamnya mengandung dominasi kepemimpinan (hegemoni) yang dilakukan tanpa paksaan namun sebenarnya menyebabkan ketidakadilan bagi pribumi. Ketidakadilan yang diterima pribumi misalnya sebutan Nyai bagi wanita pribumi identik sebagai gundik atau istri simpanan dari Tuan Belanda. Namun, Nyai Kedasih walaupun mendapat sebutan Nyai tidak menjadi gundik dari Tuan Belanda. Sebagai wanita pribumi, ia juga mempertahankan budaya dengan mengenakan kebaya dalam kesehariannya dan juga memiliki keberanian untuk melawan dominasi yang berhubungan dengan kehidupan sosial pribumi. Ketidakadilan yang diterima Nyai Kedasih membuatnya melakukan peniruan (mimikri) bahasa. Melalui mimikri bahasa, Nyai Kedasih dapat menunjukkan eksistensinya sebagai pribumi dan dapat mengacaukan identitas Belanda. Nyai Kedasih yang mendapat pandangan rendah dari Nyonya Ruth (wanita Belanda) berani untuk membantah dan juga melakukan perlawanan (resistensi) fisik. Kajian poskolonial dalam penelitian ini berkaitan dengan penguatan rasa berbangsa dan bernegara sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif materi sastra di SMA. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan dalam penelitian ini, yaitu;1) Bagaimanakah hegemoni dalam novel NKKIJ? 2) Bagaimanakah mimikri dalam novel NKKIJ? 3) Bagaimanakah resistensi pribumi dalam novel NKKIJ? 4) Bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian novel NKKIJ sebagai alternatif materi pembelajaran sastra SMA kelas XII semester II? Jenis dan rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber penelitian ini adalah novel NKKIJ dan silabus kurikulum 2013 tingkat SMA kelas XII semester II. Data dalam penelitian ini berupa kutipan peristiwa dalam bentuk kata-kata, kalimat, atau paragraf dalam novel NKKIJ yang diidentifikasi sebagai hegemoni, mimikri, dan resistensi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tujuh langkah, yaitu membaca, reduksi data, penyajian data, analisis data, interpretasi data, penyusunan materi pembelajaran, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat beberapa hegemoni dalam novel NKKIJ, yaitu hegemoni pengetahuan, sosial, dan budaya. Hegemoni sosial sebagai hegemoni yang menonjol menunjukkan adanya keinginan dari penjajah untuk melakukan dominasi dalam kehidupan sosial kaum pribumi dan hegemoni tersebut berlangsung lama karena dilakukan tanpa paksaan melainkan melalui persetujuan pribumi sendiri. 2) Mimikri dalam novel NKKIJ adalah mimikri bahasa, penampilan, dan gaya hidup. Mimikri bahasa sebagai peniruan yang sering dilakukan oleh Nyai Kedasih menunjukkan bahwa pribumi dapat melakukan hal yang dilakukan oleh Belanda. Melalui mimikri yang dilakukan oleh Nyai Kedasih, pengarang ingin menunjukkan bahwa peniruan bahasa oleh pribumi yang memandang rendah terhadap pribumi sehingga dengan melakukan peniruan membuat kacau identitasnya sebagai penjajah. 3) Resistensi dalam novel NKKIJ dilakukan dalam bentuk resistensi simbolik dan fisik. Resistensi simbolik berupa pemertahanan budaya oleh Nyai Kedasih melalui cara berpakaiannya dengan berkebaya dalam aktifitasnya sehari-hari dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan penolakan terhadap dominasi Belanda. 4) Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif materi dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XII dengan KI 4 dan KD 4.1: Menginterpretasi makna teks cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini disarankan pada penelitian selanjutnya yang relevan agar lebih memperluas kajian poskolonial yang digunakan ataupun menggunakan objek lainnya. Selain itu, pemberian hasil penelitian sebagai alternatif materi di sekolah diharapkan kontribusi positif bagi peserta didik dalam memperkuat rasa berbangsa dan bernegara terhadap Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78351
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository