• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A2 MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KEPINGAN BANGUN DATAR DI TK SEKAR TANJUNG KECAMATAN SEMPU KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Sri Pratiwi - 120210205061_.pdf (2.301Mb)
    Date
    2016-12-07
    Author
    Pratiwi, Yuli Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini memiliki aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang diarahkan pada pengembangan kemampuan geometri. Kenyataannya di TK Sekar Tanjung Kecamatan Sempu kemampuan mengenal bentuk geometri masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada saat anak mengamati bentuk jam dinding, buku, dan bentuk-bentuk bagian gambar rumah anak-anak tidak mampu menyebutkan bentuknya yaitu dari 15 anak kelompok A2 terdapat 6 anak berkembang dengan persentase 40% dan 9 anak tidak berkembangan dengan persentase 60%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri khususnya bangun datar anak dengan kegiatan bermain kepingan bangun datar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan bermain kepingan bangun datar untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal bentuk geometri di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu, Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A2 mengenal bentuk geometri di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu, Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan bermain kepingan bangun datar untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal bentuk geometri di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu; dan 2) meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal bentuk geometri di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I menerapkan kegiatan bermin secara Individudan siklus II menerapkan kegiatan bermain dengan berkemlompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain kepingan bangun datar dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal bentuk geometri di TK Sekar Tanjung, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata pada pra siklus 51,67, siklus I 69,44, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat diberikan saran-saran. Saran untuk guru antara lain: 1) Guru hendaknya menggunakan kegiatan bermain kepingan bangun datar untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri khususnya bangun datar; 2) Guru sebelum menerapkan kegiatan bermain kepingan bangun datar hendaknya memahami dulu langkah-langkah dalam menerapkan kegiatan bermain kepingan bangun datar; 3) Guru hendaknya memperhatika alokasi waktu dalam menerapkan kegiatan kepingan bangun datar. Saran untuk kepala sekolah antara lain: 1) Kepala sekolah hendaknya memotivasi guru dan memfasilitasi guru untuk menerapkan kegiatan bermain kepingan bangun datar khususnya pada pembelajaran mengenal bangun datar. Saran untuk peneliti lain yaitu: 1) Hendaknya peneliti dapat menggunakan kegiatan bermain kepingan bangun datar untuk mengembangkan lebih lanjut pengenalan bentu bangun datar yang lainnya; 2) Hendaknya peneliti dapat mengembangkan kegiatan bermain kepingan bangun datar yang lebih baik lagi supaya kegiatan bermain lebih berfariasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78336
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository