PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Pemanfaatan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan
menyimpan bahan pustaka, tetapi dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan
dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pengetahuan yang dimiliki siswa
akan mengalami peningkatan. Adanya pengetahuan yang luas berkaitan dengan
materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, maka akan mempengaruhi hasil
belajar siswa. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang
kegiatan belajar siswa memegang peran yang sangat penting dalam memacu
tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, khususnya pada sekolah yang
mengutamakan suatu keterampilan khusus, seperti pada SMK PGRI 5 Jember.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswakelas X Jurusan Akuntansi pada
mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 5 Jember TahunAjaran 2015/2016. Sehingga
hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan
pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan
Akuntansi SMK PGRI 5 Jember tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif .Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu di di SMK PGRI 5 Jember. Untuk
menentukan sample penelitian menggunakan metode sampling yaitu sebanyak 58
responden yang merupakan siswa kelas X Jurusan Akuntansi. Metode pengumpulan
data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis
data yang digunakan yaitu analisis inferensial yang terdiri: analisis garis regresi
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK
PGRI 5 Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu
Fhitung = 231,699 > Ftabel = 4,013 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. dan
koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 80,5%. sedangkan sisanya yaitu 19,5%
dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak sekolah, hendaknya
meningkatkan kuantitas buku yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhan
siswa. Selain itu, pihak sekolah sebaiknya lebih memperhatikan mengenai luas
perpustakaan, agar lebih diperluas untuk kenyamanan siswa dalam memanfaatkan
perpustakaan tersebut. Dan bagi siswa, untuk terus meningkatkan belajar agar hasil
belajar yang diperoleh terus meningkat. Selain itu siswa agar semakin aktif dalam
mencari tambahan informasi dan materi di perpustakaan, serta memanfaatkan
perpustakaan secara maksimal.