PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X 2 DI SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya pendidik untuk membantu
peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar. Pembelajaran yang berlangsung baik
melibatkan peserta didik secara aktif dan mengoptimalkan potensinya. Pembelajaran
merupakan upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar
(Isjoni, 2012:11). Proses pembelajaran memerlukan keaktifan peserta didik dalam
pembelajaran tetapi dalam kenyataanya hal ini sangat berbeda dalam penerapannya,
pendidik lebih sering berperan dominan dalam proses pembelajaran, sehingga peserta
didik berperan pasif, cenderung menunggu sajian materi dari guru dari pada mencari
dan menemukan sendiri pengetahuan serta keterampilan dan sikap yang dibutuhkan
oleh siswa (Dimyati dan Mudjiono, 2002 : 117), kondisi ini tentunya diperbaiki oleh
para pendidik guna meningkatkan hasil belajar dari para peserta didik dan proses
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif dan inovatif terutama
dalam proses pembelajaran sejarah