ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER DALAM PEMBELIAN KARTU PERDANA PRABAYAR MEREK IM3 DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember Dalam Pembelian Kartu
Perdana Merek IM3 Di Jember”. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember angkatan 2008-2010 yang
pernah membeli produk kartu prabayar merk IM3.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Metode analisis yng
digunakan adalah analisis regresi linear berganda
Hasil analisis menunjukkan koefisien determinasi berganda (R2) sebesar
0,586 hal ini berarti 58,6% perubahan keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi
dalam melakukan pembelian kartu perdana prabayar merk IM3 dapat disebabkan
oleh variabel harga kartu perdana, tarif sms, telepon dan tarif layanan internet,
sinyal kuat, bonus telepon, sms, bonus pulsa kartu perdana, bonus layanan
internet. Berdasarkan analisis regresi linear berganda variabel bonus telepon, sms,
bonus kartu perdana, bonus layanan internet mempunyai nilai sebesar 0,540 dapat
diartikan bahwa 54% merupakan sumbangan atau kontribusi yang paling besar
dibandingkan dengan variabel lainnya. Oleh sebab itu fasilitas bonus telepon, sms,
bonus pulsa kartu perdana, bonus layanan internet tetap diberikan karena variabelvariabel
tersebut merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi
keputusan pembelian kartu perdana prabayar IM3