Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Learning Cycle Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
View/ Open
Date
2016Author
Yulia Mardiyana
Singgih Bektiarso
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, dan teori yang merupakan produk dari proses ilmiah (Samatowa, 2011:20). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember diperoleh informasi bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Model Learning Cycle adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu untuk meningkatan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56,58% (kategori cukup), pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 75,32% (kategori aktif) dan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,35% (kategori sangat aktif). Data persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus secara klasikal sebesar 69,86% (kategori cukup), pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 83,03% (kategori sangat baik) dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90,49% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 pada materi sumber daya alam.
Collections
- SRA-Education [1352]