• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENGENAL SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DI SDN GEBANG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dhenis Engga Riyanti_1.pdf (333.1Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Dhenis Engga Riyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurunnya aktivitas dan nilai ha sil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan Media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan Model Pembelajaran Reciprocal pelajaran IPS sub pokok bahasan Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat di SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 . Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan Mengenal Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 28 September 2011 subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan model Reciprocal pada pembelajaran IPS materi mengenal sumber daya alam dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 45% menjadi 82,5%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 61,4% menjadi 75,37%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa dengan model pembelajaran Reciprocal dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Reciprocal pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 45% atau sebanyak 18 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,5 % atau sebanyak 33 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah Metode pembelajaran dengan Model Pembelajaran Reciprocal dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7753
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository