Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa IPA-Biologi (Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Siswa Kelas VII E Mts Negeri Sukowono Jember Semester Genap 2015/2016)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VII E MTsN Sukowono dengan menerapkan model PBL dilengkapi dengan media Puzzle. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas VII E MTsN Sukowono dengan jumlah 42 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model PBL dengan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas VII E MTsN Sukowono, (2) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah meningkat dari prasiklus sampai siklus 2 dengan adanya respon baik dan aktif dari siswa, (3) hasil belajar baik dari segi kognitif dan afektif siswa semakin meningkat secara bertahap mulai dari prasiklus ke siklus 2, (4) kendala yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu lebih memperhatikan waktu dan mampu mengondosikan kelas.
Collections
- SRA-Education [1352]