• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kebupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    TSALISATUR ROFIQOH.odt (261.0Kb)
    Date
    2016
    Author
    Tsalisatur Rofiqoh
    Khutobah
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Rendahnya keterampilan berbicara anak disebabkan oleh penggunaan metode yang digunakan guru kurang berjalan secara optimal karena gambar yang digunakan guru terbatas sehingga ketika guru bertanya jawab dan meminta anak bercerita keterampilan berbicaranya masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 13 anak, yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 6 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yang mana tiap siklusnya terdiri dari: pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara yang semula hanya 61,53 pada tahap prasiklus, menjadi 66,82 pada sikulus I, dan meningkat lagi m3njadi 84,13 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan ketermapilan berbicara anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77493
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository