KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS: KAJIAN KUALITATIF KULTUR MEDIS, STANDARISASI MUTU, KONSEP PUSKESMAS DAN RELASI DOKTER PASIEN DI KABUPATEN JEMBER
Date
2016-10-04Author
Ma'rufi, Isa
Khoiri, Abu
Indrayani, Reny
Prasetyo, Heri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas dapat dilihat dari kinerja
atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Tujuan umum penelitian ini
adalah mengkaji kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas. Metode
pendekatan penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di seluruh kecamatan
di Jember, dengan mengambil sampel untuk indept interview sebanyak 25 informan.
Teknik pengambilan sampel untuk informan yaitu dengan teknik purposive sampling dan
bersifat snowball sampling, Instrumen penelitian kualitatif dari penelitian ini adalah
peneliti sendiri dengan berpegangan pada pedoman kuesioner terbuka (guide quesioner),
teknik analisis adalah deskriptif. Hasil penelitian tampak bahwa sebagian besar informan
(80%) mengatakan masyarakat puas terhadap pelayanan di Puskesmas, persoalannya
kemudian masyarakat tidak mengetahui standart apa yang seharusnya mereka dapatkan dari pelayanan. Pelayanan pada konsumen merupakan pelayanan yang dapat
dipertanggung jawabkan dan berimbang. Dalam konteks ini, pelayanan pada puskesmas
hendaknya secara transparan menjelaskan alur pelayanan dan standart apa yang akan
dilakukan oleh pelayan medis, sehingga pasien mengetahui pada batasan apa dirinya
mendapat pelayanan. Persoalan mutu pelayanan merupakan hal terpenting untuk
meningkatkan kepercayaan pada puskesmas, contoh dari segi waktu pelayanan, rata-rata
waktu untuk mendapatkan nomer antrian sekitar tiga menit. Lalu waktu tunggu untuk
dipanggil sekitar sepuluh sampai dengan tiga puluh menit. Sementara waktu untuk
diperiksa dokter sekitar lima menit. Dan waktu untuk antri mengambil obat sekitar tiga
puluh menit. Dengan ukuran waktu tersebut, rata-rata pasien membutuhkan waktu
sekitar satu hingga satu setengah jam dipuskesmas.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]