• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PERAN PERAWAT PENDIDIK DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KLIEN SKIZOFRENIA DI POLI PSIKIATRI RSD dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Raras Rahmatichasari 122310101011-1.pdf (1.615Mb)
    Date
    2016-09-01
    Author
    Rahmatichasari, Raras
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan peran perawat pendidik dengan kepatuhan minum obat klien skizofrenia di Poli Psikiatri RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember. Manfaat penelitian bagi peneliti yakni mampu berpikir kritis dan ilmiah serta meningkatkan pengetahuan mengenai peran perawat pendidik dan kepatuhan minum obat. Manfaat bagi institusi pendidikan keperawatan yakni menjadi sumber rujukan terbaru dan bahan ajar mengenai keilmuan khususnya keperawatan jiwa dan manajemen. Manfaat bagi Instansi Pelayanan Kesehatan dapat dijadikan sumber informasi dan masukan untuk mengoptimalkan pendidikan kesehatan dan pembuatan kebijakan dalam kepatuhan minum obat klien skizofrenia rawat jalan, khususnya ditatanan keperawatan jiwa agar tidak timbul kembali ketidakpatuhan. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penyusunan hingga publikasi dilakukan mulai Desember 2015 hingga Juni 2016. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 171 klien skizofrenia dan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kepatuhan minum obat modifikasi dari Morisky Medication Adherence Scales. Hasil uji statistik spearman-rank menunjukkan ada hubungan peran perawat pendidik dengan kepatuhan minum obat klien skizofrenia di Poli Psikiatri RSD dr. Soebandi Jember (p value = 0,000 dan r=0,536; CI = 95%). Distribusi peran perawat pendidik berfungsi baik sebanyak 59,7 % dan tidak berfungsi baik sebanyak 40,3%. Kepatuhan minum obat dengan kategori kepatuhan tinggi sebanyak 48,4%, kategori kepatuhan sedang 46,8 % dan sisanya kategori kepatuhan rendah. Adanya indikator dalam peran perawat pendidik yang menjadi prioritas adalah kemampuan dalam berkomunikasi, wawasan luas, empati, dan contoh perilaku professional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator peran perawat pendidik yang terlaksana dengan baik adalah indikator contoh perilaku professional, sehingga perlu ditingkatkan lagi mengenai indikator kemampuan komunikasi pada perawat agar sebagaimana fungsi dan tugas peran perawat pendidik dapat terlaksana dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76919
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1602]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository