PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK “MONOPOLIS” PADA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN KEMUNINGSARI LOR 2 JEMBER TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan
pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall (dalam Gooch, 2012:86). Pada penelitian
ini terdapat 7 tahap pengembangan media pembelajaran, yaitu (1) tahap analisis
kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap produksi/pelaksanaan pengembangan
produk awal, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba, dan (7) tahap
revisi akhir dan penyebaran. Pada penelitian ini tahap yang dilalui hanya sampai pada
tahap uji coba karena tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kualitas media yang dikembangkan.
Hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh yaitu media
pembelajaran dalam bentuk monopolis pada mata pelajaran IPS sub pokok bahasan
aktifitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam untuk kelas IV sekolah
dasar semester 2. Media pembelajaran monopolis telah dikategorikan baik karena
telah memenuhi tiga kriteria, yaitu.
1. Valid, diperoleh dari hasil validasi oleh tiga validator dengan hasil menunjukkan
kriteria sangat layak dari validator pertama atau ahli materi, validator ke dua dan
ke tiga atau ahli media. Rata-rata nilai validasi dari ketiga validator sebesar
97,91% yang menunjukkan bahwa media monopolis yang dikembangkan termasuk
dalam kategori media pembelajaran yang sangat layak.
2. Praktis, diperoleh dari hasil analisis angket pendapat murid mengenai media
pembelajaran monopolis yang menunjukkan bahwa murid memberikan respon
positif terhadap media monopolis.
3. Efektif, diperoleh dari hasil analisis aktivitas murid dan tes hasil belajar murid.
Presentase aktivitas murid pada saat belajar menggunakan media monopolis
menunjukkan kategori aktif, dan terdapat 89,47% murid dari jumlah murid secara
keseluruhan yang mencapai ketuntasan belajar atau mencapai skor minimal 70
atau kategori baik.
Berdasarkan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran monopolis,
dapat disimpulkan bahwa media monopolis layak digunakan oleh guru maupun murid
dalam proses pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam kelas IV SD dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang ditentukan.