PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 1 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Bondowoso sejak tanggal
30 Juli 2015 sampai 12 Februari 2016 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas
IV yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 8 siswa
perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket,
dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada
dua pertemuan dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan media audio visual
pada Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi di Kelas IV SD Negeri
Sumbersari 01 Bondowoso berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan
media audio visual mengalami peningkatan. Persentase motivasi siswa secara
klasikal pada siklus I sebesar 77,63 dengan dengan kriteria tinggi. Pada siklus II
persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 92,82 dengan kriteria sangat
tinggi, mengalami peningkatan sebesar 15,19 dari siklus I. Hasil belajar siswa selama
pembelajaran IPA melalui penggunaan media audio visual juga mengalami
peningkatan. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71
dengan kategori baik. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80
dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA di kelas IV Pokok Bahasan Perubahan
Kenampakan Bumi di SDN Sumbersari 01 Bondowoso. Saran dari penelitian ini
adalah diharapkan guru menerapkan penggunaan media audio visual pada
pembelajaran IPA agar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat.