• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Septiana Manda Sari 100210102100-1.pdf (1.038Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    Sari, Septiana Manda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan keterampilan proses siswa menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran fisika di SMP. (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Jember. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara dan portofolio. Adapun teknik data menggunakan teknik diskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis data, jumlah siswa yang memiliki kemampuan keterampilan proses sains dengan kriteria “baik” sebanyak 20 siswa, yang memiliki kemampuan “cukup baik” sebanyak 12 siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar sig (1-tailed) sebesar 0,002 atau 0,002 < 0,05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (Ha diterima, Ho ditolak), sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran menggunakan model problem based learning diperoleh nilai rata–rata 79 dan termasuk pada kategori baik. (2) Ada pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76339
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository