• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Berbantuan Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Peraturan Perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jember

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    NUR ASIYAH.odt (260.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Nur Asiyah
    M. Sulthon Masyhud
    Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode problem solving merupakan metode pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan pemecahan yang terbaik. Penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard akan memberikan gambaran secara jelas tentang permasalahan peraturan perundang-undangan yang akan didiskusikan melalui kegiatan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 06 Jember dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB yang berjumlah 78 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Skor tes siswa berupa selisih antara nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu 18,789 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 8,75. Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00, diperoleh hasil t-hitung sebesar 7,260. Nilai keefektifan relatif (ER) yaitu 72, 908%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 76, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,6675; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel (7,260 > 1,6675), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76324
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail