• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK PROBING-PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Sulis Syafa'aten -1.pdf (9.375Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    SYAFA'ATEN, Sulis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru IPAfisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember, menyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil ulangan harian yang diperoleh siswa, sebanyak 32% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 75. Permasalahan lain metode yang sering digunakan guru adalah metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Pembelajaran fisika yang dilakukan masih berorientasi pada guru sehingga siswa cenderung hanya menerima materi yang dijelaskan oleh guru. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang minat dalam belajar. Pembelajaran fisika yang pada hakikatnya lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen tidak berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, hal tersebut dikarenakan metode eksperimen hanya sesekali digunakan, akibatnya keterampilan berpikir kritis siswa masih digolongkan dalam tingkatan rendah karena siswa tidak mengalami dan menemukan sendiri fakta yang terjadi. Sehingga alternatif solusi penelitian ini menggunakan model problem based instruction disertai teknik probing-propmting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model problem based instruction disertai teknik probing-prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan pengaruh model problem based instruction disertai teknik probing-prompting terhadap kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas X sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan post-test. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis independent sample ttest dengan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 70,88 dan kelas kontrol sebesar 50,59. Adapun hasil keterampilan berpikir kritis berdasarkan hasil analisis independent sample t-test diperoleh ttest sebesar 0,000. Nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya hasil analisis hasil belajar yaitu kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap siswa. Kompetensi keterampilan siswa dapat dikategorikan tinggi dengan nilai sebesar 81,84. Kompetensi sikap siswa pada kelas eksperimen dapat dikategorikan tinggi dengan nilai sebesar 79,81 sedangkan kelas kontrol dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 70,30. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Model problem based instruction disertai teknik probing-prompting berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Muhammadiyah 3 Jember; (2) Kompetensi keterampilan siswa dapat dikategorikan baik pada pembelajaran fisika di SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan menggunakan model problem based instruction disertai teknik probing-prompting; dan (3) Kompetensi sikap siswa kelas yang menggunakan model problem based instruction disertai teknik probing-prompting lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model problem based instruction disertai teknik probing-prompting pada pembelajaran fisika di SMA Muhammadiyah 3 Jember
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76301
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository