• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Evie Eka Yuliati 120210302105-1.pdf (2.518Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Yuliati, Evie Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perubahan kebijakan pemerintah dalam kurikulum pendidikan di Indonesia mendorong perubahan dari paradigma lama yang menempatkan pendidik sebagai pusat belajar (teacher centered) ke paradigma baru yang berfokus kepada peserta didik (student centered). Faktanya pembelajaran sejarah di lapangan masih berpusat pada pendidik sedangkan peserta didik didik saat pembelajaran cenderung pasif dan tidak mampu berpikir secara analisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merubah gaya mengajar pendidik dengan menggunakan model pembelajaran Prediction Guide dan Isu Kontroversial. Model pembelajaran Prediction Guide memfasilitasi peserta didik untuk turut serta secara aktif mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pembelajaran. Sedangkan pembelajaran menggunakan isu kontroversial secara langsung menyebabkan peserta didik berbeda pendapat. Perbedaan pendapat dapat melatih peserta didik untuk lebih berpikir kritis yang nantinya akan menimbulkan perbedaan pemikiran, dan menjadikan peserta didik lebih aktif bertanya, menjawab ataupun berpendapat. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembeajaran prediction guide dan isu kontroversial dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Tangul tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran prediction guide dan isu kontroversial pada peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Tangul tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tanggul, dengan jumlah 30 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76260
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository