PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA BUKU BOLAK-BALIK BERGAMBAR DI TK DHARMA WANITA TUNAS HARAPAN BANGSA KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Anak TK diharapkan dapat berhitung sesuai indikator pada kurikulum yang ada
di sekolah TK agar anak siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Namun,
diketahui kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tunas
Harapan Bangsa rendah. Anak kurang mampu: (1) membilang dengan lambang
bilangan 1-20, (2) menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan 1-10, dan (3)
menghubungkan gambar dengan lambang bilangannya yang sesuai. Hal ini
disebabkan karena guru tidak memberikan variasi terhadap media pembelajaran yang
digunakan dan hanya memanfaatkan batu kecil-kecil dan rumput sebagai media untuk
mengajarkan konsep berhitung kepada anak sehingga anak kurang berminat dan
kurang aktif dalam belajar. Usaha untuk meningkatkan kemampuan anak dalam
berhitung yaitu melalui penerapan media pembelajaran yang menarik, salah satunya
melalui penerapan media buku bolak-balik bergambar