• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 (Studi Kasus Di SMA Plus Al-Azhar Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015-2016 Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Manfaat dan Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan ) 

    Thumbnail
    View/Open
    MUSA'ADAH BAROROH.odt (265.4Kb)
    Date
    2016
    Author
    Musa'adah Baroroh
    Dr. Sri Kantun, M. Ed
    Drs. Bambang Suyadi M.Si
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Plus Al-Azhar Jember pada kompetensi dasar mengidentifikasi manfaat dan faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional melalui penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Plus Al-Azhar Jember kelas XI IPS 1. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan. Sedangkan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post test. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori aktif pada siklus 1 menjadi kategori sangat aktif pada siklus 2 dengan persentase 68% menjadi 83%. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa sebesar 75,9 meningkat menjadi 79,04 pada siklus 2. Sedangkan untuk ketuntasan secara klasikal dari 74% pada siklus 1 meningkat menjadi 93 % pada siklus 2. Jadi, berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menerapkan metode diskusi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76164
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository