PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 DI TK JEMBER PERMAI I KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN
Abstract
Pemilihan dan penerapan media yang tepat dalam proses pembelajaran
berhitung permulaan pada anak usia dini diperlukan sebagai sarana penyampaian
materi kepada anak agar dapat diterima dengan baik dan proses pembelajaran menjadi
lebih efektif sehingga kemampuan berhitung permulaan anak meningkat. Berdasarkan
hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Jember Permai I
tahun pelajaran 2015/2016, diketahui bahwa kemampuan berhitung permulaana anak
kelompok A2 masih rendah. Sebanyak 63,15% dari 19 anak atau 11 anak memiliki
kemampuan berhitung permulaan rendah. Hal ini disebabkan karena proses
pembelajaran di kelas kurang efektif. Guru masih berfokus pada pemberian tugas
yang ada di dalam majalah, bernyanyi dan tanya jawab. Pembelajaran yang demikian
membuat anak cepat bosan dan tidak dapat fokus dalam pelajaran, sehingga
mengakibatkan sebagian besar anak kelompok A2 belum menguasai konsep bilangan
dan angka dengan baik