PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA-FISIKA
Abstract
Pembelajaran IPA-fisika yang telah berlangsung selama ini masih berpusat
pada guru. Hal ini menyebabkan siswa cenderung bersifat pasif dalam mengikuti
KBM. Pembelajaran fisika di kelas menjadi kurang menarik dan membosankan
sehingga dapat berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa terhadap
pelajaran IPA-fisika. Oleh karena itu guru perlu untuk menciptakan suasana belajar di
kelas yang menarik dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa dapat lebih baik.
Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model
pembelajaran inkuiri dan media lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)
mengkaji pengaruh model inkuiri disertai media lingkungan terhadap kemampuan
kognitif siswa pada pembelajaran IPA-Fisika di SMP, (2) mendiskribsikan tingkat
kemampuan afektif siswa selama proses pembelajaran menggunakan model inkuiri
disertai media lingkungan, (3) mendiskribsikan tingkat kemampuan psikomotorik
siswa selama proses pembelajaran menggunakan model inkuiri disertai media
lingkungan.