PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE EKSPERIMEN SEDERHANA DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MA’ARIF KALISAT JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Pengembangan sains permulaan merupakan kemampuan yang berhubungan
dengan berbagai percobaan atau demonstrasi. Keterampilan proses sains merupakan
keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh, mengembangkan, dan menerapkan
konsep, prinsip, hokum dan teori sains baik yang berupa keterampilan mental,
keterampilan fisik maupun sosial. Hasil belajar keterampilan proses sains anak
kelompok A yang dilakukan melalui beberapa kegiatan menunjukkan bahwa dari 20
anak, ada 8 anak hasil belajarnya masih kurang, 9 anak sangat kurang dan hanya 3
anak yang hasil belajarnya dikatakan cukup. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,
peneliti akan meningkatkan kualitas dan cara penyampaiannya kepada anak agar
dapat diterima dengan baik yaitu dengan cara menggunakan metode eksperimen
sederhana, sehingga keterampilan proses sains anak dapat berkembang dan
dikembangkan secara maksimal dengan fasilitas yang dapat menunjang keterampilan
proses sains anak dengan baik