PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DI TK BINA ANAPRASA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan media kertas origami untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa
Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016?; dan (2) bagaimanakah peningkatan
kemampuan motorik halus anak kelompok B1 melalui penggunaan media origami di
TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016?. Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan
media kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak
kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016; (2)
untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui penggunaan
media origami di TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
desain penelitian oleh Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses
kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan
dalam 2 siklus.
Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka kesimpulan hasil yang
diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan media kertas origami untuk meningkatkan
keterampilan motorik halus dilakukan dengan kegiatan menggunting garis putusputus
pada pola, kemudian melipat garis tengah pola dan menempel bagian pola yang
berwarna hitam. Siklus I membuat bentuk telepon dan siklus ke II membuat bentuk
radio (2) Media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak
kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 67, pada siklus I meningkat sebesar 71,
dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK
Bina Anaprasa Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran: (1) untuk
guru; Hendaknya kertas origami bukan hanya digunakan untuk melipat atau
menggunting saja, karena sebetulnya kertas origami dapat digunakan untuk
meningkatkan motori halus anak terutama menggunting, melipat dan menempel
secara bersamaan; (2) untuk kepala sekolah; Hasil penelitian ini dapat diinformasikan
kepada guru-guru agar bisa dijadikan variasi dalam pembelajaran yang menggunakan
kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (3) untuk
peneliti lain; penelitin ini dapat dijadikan acuan atau refernsi terhadap penelitian yang
serupa terutama pada penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.