MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GELOMBANG DI SMA/MA (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa
Abstract
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran fisika tidak terlepas dari
permasalahan-permasalahan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum
mengajak siswa terlibat aktif dan memaksimalkan kemampuan siswa dalam
menyelidiki penemuannya sendiri. Kondisi ini dapat menyebabkan siswa kurang
memperoleh keterampilan-keterampilan dalam proses pembelajaran.
Permasalahan lain pada pembelajaran fisika yang muncul adalah kurangnya
kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika sehingga mengakibatkan hasil
belajar kurang maksimal salah satunya pada materi gelombang. Oleh karena itu,
diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa menjadi aktif dan
pembelajaran lebih bermakna adalah model pembelajaran yang berpusat pada
siswa (student centered). Salah satu pembelajaran alternatif yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry).