PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) ( Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013 )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari
pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan
tahunan perusahaan terhadap respon pasar terhadap laba perusahaan (Earning
Response Coefficient, ERC). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) 123 perusahaan
pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013. Penelitian
ini menggunakan variabel terikat (dependen) Cummulative Abnormal Return (CAR),
variabel bebas (independen) CSR disclosure Indeks (CSRI) yang di dapat dari
hasil checklist Indeks GRI G3 dan Unexpected Earnings (UE), serta variabel
kontrol Price-to-Book Value (PBV) dan Leverage (DER) . Hasil penelitian empiris
menunjukkan bahwa pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan tidak berpengaruh
terhadap ERC perusahaan tersebut. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pengungkapan
CSR perusahaan tidak mempengaruhi keputusan investasi oleh para investor.