PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A1 MELALUI METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara. Penggunaan metode
bercerita berbantuan media audio visual dilaksanakan dalam 2 siklus.
Penggunaan metode bercerita berbantuan media audio visual dengan cara
menampilkan media audio visual berupa video yang diproyeksikan dengan alat bantu
LCD proyektor dan speaker sehingga anak dapat menyimak secara langsung cerita
yang ditampilkan. Melalui penggunaan metode bercerita berbantuan media audio
visual kemampuan sosial anak kelompok A1 mengalami peningkatan dan berhasil,
hasil siklus I yaitu 66.66% anak tuntas dan 33.33% anak tidak tuntas dengan nilai
rata-rata 60.11, siklus II 85.71% anak tuntas dan 14.28% anak tidak tuntas dengan
nilai rata-rata 73.8, dan kemampuan emosional anak kelompok A1 TK Ilmu Al-
Qur’an mengalami peningkatan dan berhasil. Siklus I 71.42% anak tuntas dan
28.57% anak tidak tuntas dengan nilai rata-rata 67.85, sedangkan siklus II yang tuntas
90.47% anak dan 9.52% anak tidak tuntas dengan nilai rata-rata 77.37.