• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) pada Pokok Bahasan Bentuk Akar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas X

    Thumbnail
    View/Open
    KHOIRUN NISA.odt (265.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    Khoirun Nisa
    Suharto
    Arika Indah Kristiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan perangkat pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran sesuai teori yang ada. Pengembangkan perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM pada pokok bahasan Bentuk Akar di SMK Kelas X bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil kelayakannya. NCTM merupakan organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pembelajaran matematika menurut NCTM harus mencapai pemahaman dalam materi sehingga pembelajarannya memiliki makna. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa dan Tes Hasil Belajar. Tempat uji coba penelitian ini adalah SMKN 5 Jember pada kelas X MMD 2 yang berjumlah 38 siswa. Proses pengembangan dilakukan berdasarkan pada model 4-D Thiagarajan yang meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa dan THB berturut-turut adalah 0,93; 0,89; 0,92; dan 0,82. Begitu juga dengan hasil analisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, respon dan tes hasil belajar telah memenuhi kriteria masing-masing. Secara keseluruhan berdasarkan hasil analisis data, perangkat pembelajaran dikategorikan baik dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75935
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository