• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PAKET TES MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X TKJ SMK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER

    Thumbnail
    View/Open
    CICI FITRI LESTARI - 120210101043 -1.pdf (18.86Mb)
    Date
    2016-08-05
    Author
    Lestari, Cici Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan seseorang untuk dapat berhasil dalam kehidupan ditentukan oleh kemampuan berpikirnya. Oleh karena itu, siswa sebagai subjek pendidikan dan generasi penerus bangsa diharuskan untuk terus mengembangkan kemampuan berpikirnya. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat penting dikuasai oleh siswa, karena dengan kemampuan tersebut dapat memotivasi siswa senantiasa memandang masalah dengan kritis dan mencoba menyelesaikannya secara kreatif. Ketersedian soal-soal berpikir tingkat tinggi sangat diperlukan agar digunakan siswa untuk melatih dirinya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Sehingga pada penelitian ini dikembangkan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan revisi taksonomi Bloom, yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TKJ SMK materi sistem persamaan linier. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide dalam membuat atau mengembangkan soal yang berkualitas serta menjadi bahan informasi yang bermanfaat. Paket tes berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan tipe research formative yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap preliminary, self evaluation, prototyping, dan tahap field test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen-komponen paket tes (kisi-kisi tes, soal tes, lembar jawaban, kunci jawaban, dan pedoman penskoran), lembar validasi, angket, dan pedoman wawacara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes, angket, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Proses pengembangan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui 4 tahapan, yaitu tahap preliminary (pengumpulan sumber referensi, penentuan tempat dan subjek uji coba, dan kegiatan wawancara), self evaluation (analisis dan desain), prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi), dan tahap field test (uji coba lapangan). Hasil penelitian menyatakan bahwa paket tes yang terdiri atas 3 soal uraian dinyatakan valid berdasarkan telaah aspek bahasa, konten, konstruk, pedoman penskoran, dan petunjuk pengerjaan paket tes. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana nilai pada paket A dan paket B berturut-turut sebesar 2,741 dan 2,753. Paket tes yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas untuk paket A sebesar 0,622 dan koefisien reliabilitas untuk paket B sebesar 0,813. Pada paket A, indeks kesukaran soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut sebesar 0,773, 0,330, dan 0,065. Pada paket B, soal nomor 1, 2, dan 3 memiliki indeks kesukaran berturut-turut sebesar 0,864, 0,605 dan 0,360. Pada paket A, indeks daya pembeda soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut sebesar 0,389, 0,767, dan 0,204. Pada paket B, soal nomor 1, 2, dan 3 memiliki indeks daya pembeda berturut-turut sebesar 0,268, 0,806 dan 0,590. Dari hasil analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda, diperoleh bahwa soal nomor 1 dan 3 pada paket A serta soal nomor 1 pada paket B dibuang atau dieliminasi dari paket tes karena tidak memenuhi kriteria kualitas paket tes yang telah ditetapkan. Dengan demikian dihasilkan paket tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75888
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository