PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A2 MELALUI AUDIO VISUAL DI TK PLUS AL-HUJJAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan
model penelitian Hopkins. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perecanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Proses penggunaan media audio visual dalam menigkatkan kemampuan
menyimak dilakukan dengan cara menampilkan film secara langsung di dalam kelas
melalui alat bantu berupa LCD proyektor dan alat pengeras suara, sehingga anak
dapat menyimak secara langsung cerita yang ada dalam film. Peningkatan
kemampuan menyimakanak kelompok A2 TK Plus Al-Hujjah Jember tahun pelajaran
2015/2016 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 46,05,
pada siklus I 64,47, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,40.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat diberikan saran-saran. Saran
untuk guru yaitu hendaknya menggunakan media audio visual sebagai salah satu
alternatif pemilihan media pembelajaran menyimak. Saran untuk kepala sekolah yaitu
hendaknya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan penggunaan audio
visual dalam kegiatan menyimak dalam proses pembelajaran sehingga anak akan
merasa lebih senang. Saran untuk peneliti lain yaitu hendaknya menjadikan hasil
penelitian ini sebagai acuan dalam penelitian yang sejenis.