Identifikasi miskonsepsi materi biologi kelas II semester 1 pada siswa SMP negeri di kecamatan Kencong tahun ajaran 2003/2004
Abstract
Miskonsepsi adalah kesalahan konsepsi, dimana konsepsi yang
dikemukakan tidak sesuai dengan pengertian ilmiah. Miskonsepsi harus
diluruskan supaya tidak menjadi penyebab miskonsepsi pada konsep selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep yang mengalami
miskonsepsi dari materi biologi kelas rr semester l siswa SMP Negeri di
Kecamatan Kencong tahun ajaran 2003/2004. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri I Kencong, SMP Negeri 2 Kencong dan SMP Negeri 3 Kencong, pada
bulan Februari 2004. Data diperoleh dari hasil tes siswa dengan bentuk soal
multiple choice dengan reasoning. dan dilengkapi dengan hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi
terjadi pada setiap soal konsepsi yang diberikan. Rata-rata persentase siswa yang
miskonsepsi pada tiap pokok bahasan adalah: konsep pemafasan pada tumbuhan
41,73 %; transportasi pada tumbuhan 31,022 %; pengeluaran pada tumbuhan
39,66 %; gerak pada tumbuhan 56,02 %; sistem pencemaan pada hewan dan
manusia 33,55 %; sistem pemafasan pada hewan dan manusia 32,48 %; sistem
transportasi pada hewan dan manusia 46,38 %; dan sistem gerak pada hewan dan
manusia 31,13 %. Persentase siswa yang miskonsepsi tertinggi pada konsep otot
Iurik yaitu 70,67 %. Sedangkan rata-rata persentase siswa yang miskonsepsi tertinggi pada konsep-konsep dalam pokok bahasan gerak pada tumbuhan, yaitu
56,02%.