PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 JEMBER (Studi Kasus Pada Siswa Kelas I Tahun Ajaran 2004/2005)
Abstract
Hasil penelitian membuktikan
bahwa bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang,
dan proses) sccara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan di SMK Negeri I
Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hn > F tdh yaitu
17,095 > 2, 14 dengan tarafsignifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R .1quare)
sebesar 0,641 atau 64,1 %. Secara parsial diperoleh data bahwa variabel produk
(Xt) mcmpunyai pengaruh yang paling dominan terhadap pengambilan keputusan
siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X1 = 3,825, X2 =
2,208, X3 = 2,23 1, ~ = 2, 146, X5 = 2,388, Xc, = 2,544, dan X7 = 2, 165. Selain itu
juga dapat di lihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu
X, sebesar 21 ,28 %, X2 sebesar 5,34%, X3 sebesar 4,70%, ~ sebesar 7,39%, X5
sebesar 12 ,2%, Xt. sebesar 6,36%, dan X7 sebesar 6,83%.