Upaya meningkatkan peran minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan media komik
Abstract
Rendahnya minat belajar siswa dalam proses belajar rnengajar dikarenakan
guru masih rnenggunakan metode ceramah tanpa disertai media pengajaran yang
menarik. Oleh karena itu guru harus berusaha untuk meningkatkan minat belajar
siswa dengan menggunakan metode ceramah serta media pengajaran yang
menarik, salah satunya adalah komik. Karena komik merupakan salah satu bacaan
yang sangat digemari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan media komik.
Jenis penelitian ini adaJah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP
Negeri 4 Jember. Responden penelitian ini ditentukan secara purposive sampling
yaitu kelas VII-B sebanyak 48 orang. Metode pengumpulan data menggunakan
rnetode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus yang mana tiap-tiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa minat belajar siswa kelas VII-B semester l tahun ajaran 2004/2005 pada
mata pelajaran ekonomi pokok bahasan "Kebutuhan Manusia dan Keterbatasan
umber Daya" meningkat dari rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan metode
ceramah dan media komik, minat belajar siswa termasuk dalam kriteria rendah
dengan skor rata-rata 2,39. Setelah diterapkan metode ceramah dan media komik,
minat belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,03 pada siklus I dan pada siklus II skor rata-rata rninat belajar siswa adalah 3.48.