PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 dan 2012 FKIP Universitas Jember)
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi minat menabung pada
seseorang, diantaranya yaitu persepsi yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu
perbankan. Seseorang yang sudah memperoleh pengetahuan tentang perbankan akan
mencari segala informasi tentang perbankan tersebut, kemudian mereka akan
memutuskan apakah perbankan tersebut sesuai dengan keinginannya atau tidak.
Begitu halnya pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012, adanya persepsi yang
mereka miliki terhadap Bank Syariah membuat mereka memiliki berminat untuk
menabung di Perbankan Syariah.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank
Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (studi kasus pada
mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 FKIP Universitas Jember).
Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan variabel
persepsi mahasiswa tentang Bank Syariah terhadap minat menabung di Perbankan
Syariah.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu di Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember. Untuk
penentuan responden menggunakan metode Proporsional Random Sampling yaitu
sebanyak 66 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang
akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan Standart
Error Of Estimate).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi mahasiswa tentang
Bank Syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di
Perbankan Syariah. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F
yaitu Fhitung = 223,335 > Ftabel = 3,991 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a =
0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 77,7%. sedangkan sisanya yaitu
22,3% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dimana seorang mahasiswa yang memiliki persepsi yang positif dan baik
terhadap Bank Syariah, maka mahasiswa tersebut akan memiliki keinginan/minat
untuk menabung pada Bank Syariah tersebut. Sebaliknya, jika persepsi yang dimiliki
oleh mahasiswa tertang Bank Syariah negatif/buruk, maka keinginan mahasiswa
untuk menabung juga akan kecil.
Adapun saran yang dapat diberikan yaitu, bagi pihak Perbankan Syariah
Jember, untuk terus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan serta
pelayanannya, sehingga lebih banyak menarik masyarakat untuk menjadi nasabah
pada Bank Syariah tersebut. Sedangkan bagi peneliti lain, untuk ikut
mempertimbangkan sumbangan pengaruh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.