PENERAPAN METODE TUGAS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASA KOPERASI INDONESIA KELAS 2-A CAWU I SLTPN 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Penyampaian materi pelajaran bidang studi ekonomi di SL TPN 7 Jember selama ini,
cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada minat,
keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah. Perolehan hasil belajar kelas 2A secara klasikal
pada pokok bahasan Kehidupan Perekonomian di Indonesia cawu I hanya mencapai 63,93%.
Salah satu pengembangan pembelajaran altematif yang mampu meningkatknn minat serta
hasil belaJar adalah metode tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil
bel ajar siswa pad a pembelajaran ekonomi pokok bahasan Koperasi Indonesia cawu I kelas 2A
tahun pelajaran 2000/2001. Penelitian dimulai pada bulan Juni s/d Oktober 2000. Jenis
penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang terlaksana dalam satu siklus dengan tahap:
perencanaan,tindakan, observasi, refleksi. Hasil analisis data menunjukkan minat belajar
siswa mengalami peningkatan sebesar 20,45% dan untuk keaktifan siswa mengalami
peningkatan sebesar 43,18% serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal
yaitu sebesar 85,93%.