EFEKTIFITAS TEAM TEACHING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI (Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas I Semester 1 MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2004/2005)
Abstract
Dari penelitian ini diperoleh
hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan team
teaching dan pembelajaran single teaching pada ketiga aspek tersebut. Uji t
dengan taraf signifikansi 5% didapatkan t hitung dan tabel nilai t hitung aspek
kognitif 3,5, aspek afektif 10,77, dan aspek psikomotorik 2,17 dengan nilai
tabel yang sama yaitu 1,99. Nilai tersebut didapatkan dari nilai rata-rata
ketiganya, aspek kognitif kelas team teaching sebesar 75,689 ± 3, 79 dan single
teaching sebesar 72,85 ± 3,82. Untuk aspek afektif kelas team teaching sebesar
83,60±6,3 dan single teaching sebesar 68,63±6,8, sedangkan aspek psikomotorik
kelas team teaching sebesar 72,178 ± 7,91 dan single teaching sebesar 68,837 ±
6,56. Nilai efektivitas relatif ke1as team teaching terhadap kelas single teaching
yaitu aspek kognitif 3,89%, aspek afektif 21 ,8% dan aspek psikomotorik 4,85%.