PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN 4 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Dari hasil pengamatan pra siklus yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 4
Tegaldlimo Banyuwangi terdapat beberapa permasalahan yaitu guru cenderung
menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya.
Hal ini disebabkan kurangnya penguasaan guru terhadap metode pembelajaran
dan pendekatan pembelajaran. Dari hasil evaluasi berupa soal-soal tes uji
kompetensi diakhir kegiatan pembelajaran pada materi tentang koperasi
menunjukkan bahwa dari 33 siswa, yang dapat dikatakan tuntas belajar secara
individu baru sebanyak 19 siswa atau 57,6 % yang memperoleh nilai yang
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah
yaitu 60, sedangkan yang tidak tuntas secara individu adalah sejumlah 14 siswa
atau 42,4 % sehingga dapat diambil kesimpulan hasil belajar siswa masih rendah.
Secara klasikal siswa dapat dikatakan tuntas belajar adalah apabila telah mencapai
ketuntasan ≥ 75% dari jumlah siswa.
Tentunya permasalahan tersebut di atas perlu ditanggulangi dengan segera.
Langkah yang tepat untuk menanggulangi permasalahaan tersebut di atas adalah
dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alternatif pendekatan
pembelajaran yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penerapan
pendekatan pembelajaaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan
media gambar. Atas dasar pertimbangan itulah, penulis memilih pendekatan
pembelajaaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media gambar
sebagai langkah alternatif memperbaiki pembelajaran yang ada di kelas IV SDN
4 Tegaldlimo Banyuwangi dengan rumusan masalah sebagai berikut : (1)
Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) melalui media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok
bahasan masalah-masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 4 Tegaldlimo
Banyuwangi ? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan
penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
melalui media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan masalahmasalah
sosial di kelas IV SDN 4 Tegaldlimo
Banyuwangi ?.
adapun tujuan
penelitian
tindakan kelas ini
adalah
: (1) Untuk mendeskripsikan
pendekatan
pembelajaran
Contextual
Teaching and Learning (CTL)
melalui
media
gambar
di
kelas
IV SDN 4 Tegaldlimo
pada mata
pelajaran IPS pokok bahasan masalahmasalah
sosial; (2) Untuk meningkatkan
hasil
belajar siswa
kelas IV SDN 4
Tegaldlimo Banyuwangi pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-
masalah sosial dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL melalui media
gambar.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 18 April sampai 25 April 2012 di SD
Negeri 4 Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian siswa kelas IV
yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 20 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan
harian pra siklus semester II, siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus
II. Analisis data terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan CTL
dan media gambar pada siklus I diperoleh hasil 23 siswa (69,7 %) telah
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar ≥ 60, sedangkan pada
pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 31 siswa
(93,9%).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pendekatan CTL
melalui media gambar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL melalui media
gambar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga
pembelajaran dianggap sudah tuntas.