• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa taman kanak kanak "Dharma Wanita" desa Sekaralas, kecamatan Widodaren, kabupaten Ngawi

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Kurniasih 960210402186_.pdf (20.81Mb)
    Date
    2016-06-08
    Author
    KURNIASIH, Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dipilihnya Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Taman Kanakkanak '·Dharma Wanita" Desa Sekaralas, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, karena kosakata merupakan dasar bagi siswa Taman Kanak-kanak dalam merangkai suatu kata menjadi sebuah kalimat. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : kosakata bahasa Indonesia apa sajakah yang dikuasai oleh siswa Taman Kanak-kanak --Dharma Wanita", Desa Sekaralas, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawin tahun ajaran 2000/2001. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa Taman Kanak-kanak", Desa Sekaralas, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawin tahun ajaran 2000/2001 . Penelitian dalam skripsi ini dirancang dengan menggunakan rancangan deskriftif dengan menggunakan jen is penelitian kualitatif. Mctode pengumpulan data dengan menggunakan tes lisan dengan pemancingan (elisistasi). Sedangkan menganalisisnya dengan menggunakan langkah-langkah mengkaji data, mcntransk ripsi data, menelaaah data, mengklasifikasikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dalam penelitian ini adalah kosakata-kosakata yang dikuasai siswa meliputi : a) kosakata benda yaitu kosakata benda yang ada di dalam kelas, di luar kelas,di dalam rumah, dan di luar rumah, b) kosakata sifat yaitu kosakata sifat orang, benda dan binatang, c) kosakata kerja yaitu kosakata kerja asal dan kosakata kerja turunan, d) kosakata keterangan yaitu kosakata keterangan kerja dan kosakata ketyerangan objek, e) kosakata bilangan yaitu kosakata bilanganyang meliputi hitungan satu sampai sepuluh, f) kosakata ganti yaitu kosakata ganti orang dan kosakata ganti penunjuk, g) kosakata tugas adalah kosakata tugas konjungsi, dan preposisi. Saran yang dapat diberikan berdasarkan kesimpulan adalah semoga di dalam proses belajar mengajar di sekolah dibiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga bahas.a Indonesia menjadi bahasa baku yang merupakan bahasa penghanyar dalam dubiapnsisikan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74597
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository