MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PENINGKATKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PADA PEREMPUAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian memiliki tujuan dalam merumuskan model pembelajaran pada program pendidikan keaksaraan fungsional guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan yang sesuai dengan konsteks lokal, sehingga perempuan mampu membaca peluang usaha yang dapat menjadi sumber ekomoni untuk menanggulangi kemiskinan. Fokus kajian penelitian dilatarbelakangi adanya kondisi bahwa perempuan di daerah perdesaan merupakan penyangga kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, disisi lain perempuan perdesaan belum memiliki kecakapan hidup yang memadai. Perempuan perdesaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan dalam membaca peluang ekonomi yang sesuai dengan konteks lokal. Model pemberantasan buta aksara yang dihasilkan dari kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember, terutama pada perempuan perdesaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Sampel diambil dengan cara snowball sampling melalui metode wawancara mendalam serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur. Temuan di lapangan menunjukkan adanya potensi sumberdaya alam maupun sosial ditingkat lokal yang berpeluang sebagai sumber ekonomi. Melalui kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam materi membaca, menulis dan berhitung, serta dikuatkan dengan keterampilan dalam memanfaatkan potensi alam sebagai sumber ekonomi perempuan akan diberdayakan. Kemampuan tersebut dapat menjadi penggerak perubahan.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]