• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI SDN I TAMAN KECAMATAN SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    RUDI RAHMAWAN - 080210204068_1.pdf (306.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    RUDI RAHMAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya hasil belajar siswa pad mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman kenampakan alam Indonesia di SDN I Taman di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran, kurang menariknya pelajaran IPS, jumlah siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan sedang lebih sedikit dari siswa yang memiliki kemampuan rendah serta kurangnya tangung jawab siswa atas prestasi belajarnya sendiri. Berdasarkan realita tersebut peneliti bersama–sama dengan guru sepakat mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model pembelajaran lain yang lebih mengutamakan keaktifan, tanggung jawab dan kerjasama antar siswa serta menggunakan media pembelajaran sehingga dapat menarik minat serta perhatian siswa. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media peta. Penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan keragaman kenampakan alam Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media peta di SDN I Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2011 / 2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan keragaman kenampakan alam Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media peta. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN I Taman kecamatan Sumbermalang dimulai tanggal 19 September 2011 sampai tanggal 7 November 2011. Desain yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang telah dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitaif dan kuantitatif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Taman pokok bahasan Keanekaragaman Kenampakan Alam Indonesia melalui Model Kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan Media. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatam aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,3 % sedangkan pada siklus II sebesar 81,1 % sehingga mengalami peningkatan sebesar 8,18 %. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 45% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus II sebesar 75% (tuntas). Saran dari penelitian ini adalah bagi guru hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode pembelajaran inovatif sebagai variasi dalam mengajar IPS di SD. Bagi sekolah, , hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif metode pengajaran IPS yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagi siswa, memberikan pengetahuan kepada siswa bahwa dalam mempelajari IPS ada banyak cara yang dapat digunakan. Misalnya dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media peta yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep IPS. Bagi peneliti hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7436
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository