PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN DUKUHDEMPOK 06 KECAMATAN WULUHAN TAHUN PELAJARAN 20011 / 2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Dukuhdempok 06 disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain; model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih
bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa
serta kurang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariatif. Salah
satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS, guru harus berperan
aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan model. Pendekatan dan model
tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan
membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan motivasi
dan hasil belajar siswa kelas iv dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pokok
bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui media gambar
di SDN Dukuhdempok 06 Kecamatan Wuluhan Tahun Pelajaran 20011 / 2012?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Sumbang Saran dengan Teknik
Kancing Gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan
setempat khususnya siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 06 tahun pelajaran
2011/2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 anak,
terdiri dari 14 laki-laki dan 15 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 06 Kecamatan Wuluhan, pada bulan Mei
sampai bulan Juni 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi,
dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah
motivasi belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil motivasi siswa selama
mengikuti pembelajaran melalui media gambar mengalami peningkatan dan
tergolong kriteria motivasi siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis
motivasi siswa secara klasikal pada pembelajaran media gambar, pada siklus I
persentase motivasi siswa sebesar 64.62% dengan kategori aktif, dan pada siklus II
mencapai 73,30% dengan kategori sangat aktif. Pembelajaran IPS dengan model
pembelajaran media gambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa
secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Dukuhdempok 06. Pada siklus I
diperoleh persentase secara klasikal sebesar 62 % (tidak tuntas), dan pada siklus II
mencapai 72% (tuntas)
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya menjadi
semangat belajar karena dengan pembelajaran media gambar bisa menemukan
sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, untuk guru hendaknya lebih
memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan
disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, untuk sekolah
hendaknya dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap teknikteknik
pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan oleh
sekolah, untuk peneliti lain perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang
pembelajaran media gambar serta mengkombinasikan dengan model mengajar lain
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal