Pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Kereta Api Mutiara Timur kelas Eksekutif Jurusan Surabaya-Banyuwangi Tahun 2004
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
dimensi kualilas pclayanan (keandalan, ketanggapan, jaminan, empati
dan bukti fisik) secara simultan terhadap kepuasan pelanggan, juga
untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan
mempengaruhi kepuasan pelanggan KA Eksekutif Mutiara Timur
Jurusan Surabaya-Banyuwangi. Teknik penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Juli tahun
2004. Metode pcngumpulan data yang digunakan adalah angket,
interview, observasl dan dokumentasi. Jumlah respoden penelitian
sejumlah 48 yang pengambilannya menggunakan teknik accidental
sampling. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data
regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan (keandalan,
ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan KA eksekutif Mutiara timur.